Jumat, 26 Oktober 2007

MEMBANGUN BISNIS KOMPONEN MIKROTRONIKA

PROJECT
“ MEMBANGUN BISNIS KOMPONEN MIKROTRONIKA “

1. Visi

“Terciptanya Suatu Kawasan Pusat Perdagangan Mikrotronika Berkompetensi Internasional, Berdaya Saing Nasional, dan Merintis Terbangunnya Kemajuan Teknologi Lokal.

2. Misi

a. Membangun bisnis komponen mikrotronika berbasis laboratorium
b. Membuka peluang pasar di berbagai universitas di Sumatera khususnya dan Indonesia umumnya
c. Membangun jaringan bisnis berbasis media internet
d. Membuka kerjasama dengan perusahaan bisnis raksasa tingkat dunia dalam kualifikasi produk
e. Membangun kepercayaan public dengan berpartisipasi aktif dalam event-event penyelenggaraan kegiatan berbasis Teknologi.

3. Gambaran Bisnis

a. Nama : Mikrotronics Center (MC)
b. Bentuk Usaha : Penjualan komponen mikrotronika
c. Tempat : Laboratorium Elektro Universitas Lampung
d. Objek Usaha : Konsumen pemakai produk yang membutuhkan komponen mikrotronika
e. Subjek Usaha : Mahasiswa dan dosen yang berkompetensi
f. Sektor Usaha : Lampung-Sumatera bag. Selatan-Sumatera-Jawa-Nasional
g. Waktu : 24 jam dengan pelayanan internet dan telekomunikasi PSTN
h. Produk : komponen mikrotronika, rangkaian dan konsultasi.

4. Kompetensi Inti Bisnis

a. Mutu : Produk yang dipasarkan berkompetensi Internasional
b. Layanan : Berbasis inernet, telekomunikasi, Antar-Cepat, Up to Date
c. Team : Terdiri dari dosen dan mahasiswa yang memiliki daya saing yang handal
dalam kemajuan teknologi.
d. Fleksibilitas : Dapat sekaligus melakukan konsultasi dan sharing informasi IT
e. Cepat Tanggap : Up to date terhadap kemajuan teknologi.
f. Akademisi : Para pelaku bisnis ini semuanya merupakan akademisi yang memiliki daya
integritas dan intelektual yang kuat.

5. Segmen Pasar

a. Pebisnis : Orang-orang yang membutuhkan komponen untuk bisnis usaha IT-nya
b. Pelajar : Kebutuhan untuk pembelajaran, penelitian dan pengembangan diri
c. Umum : Masyarakat yang membutuhkan komponen untuk perbaikan dan membuat
produk baru.
d. Instansi : Pemenuhan kebutuhan untuk instansi yang bersangkutan
e. Peserta Lomba : Perlombaan pembuatan instrument teknologi
f. Peneliti : penelitian dan pembuatan suatu instrument teknologi

6. Analisa SWOT
• Kekuatan
a. Pelaku usaha bergerak di bidang elektro sehingga dapat lebih mudah memahami bisnis yang digeluti.
b. Laboratorium telah menjadi sebuah tempat yang tepat untuk memasarkan industri dengan adanya otonomi kampus, dimana segala pembiayaan harus ditanggung oleh perguruan tinggi yang bersangkutan, sehingga adanya bisnis ini dapat menopang pembangunan otonomi kampus tersebut.
c. Alumni Universitas Lampung telah banyak dan tersebar di berbagai kawasan bidang maupun industri, yang dapat dimanfaatkan untuk pemasaran dan penyebaran produk maupun informasi produk.
d. Nama Universitas Lampung yang telah terkenal dengan team robotnya, mampu memberikan citra yang baik dalam penyebaran dan pemasaran informasi produk kepada khalayak ramai.
e. Letak Universitas Lampung yang berbatasan dengan pintu Sumatera dan Jawa sehingga memungkinkan sekali untuk pemasaran yang berbasis kompetensi ini.
f. Pelaku bisnis merupakan komponen mahasiswa yang memiliki basis semangat baru yang siap untuk bergerak lebih cepat dan sigap

• Kelemahan
a. Belum dikenal oleh khalayak ramai mengenai adanya penjualan komponen elektronika di Universitas Lampung
b. Belum adanya standarisasi yang ditetapkan sebagai suatu kelayakan penjualan komponen-komponen yang dijual
c. Informasi dan pengalaman mengenai sebuah rangkaian dan komponen Mikrotronika yang masih minim, yang menyebabkan sulitnya dalam mencari dan merumuskan barang-barang yang akan dipasarkan

• Peluang
a. Kebutuhan akan komponen elektronika yang semakin lama semakin pesat
b. Karena berada dibawah jurusan teknik elektro yang notabenenya melakukan penelitian dan banyak bergelut dengan dunia elektronika, maka tidak dipungkiri lagi akan banyak permintaan pasar dari Jurusan ini, sehingga akan meningkatkan daya saing dari jurusan sendiri
c. Pemasaran atas nama Universitas, lebih khusus Laboratorium Elektro akan lebih meyakinkan masyarakat akan kompetensi yang diberikan.
d. Alumni Universitas Lampung yang dapat dijadikan salah satu wahana dalam memasarkan produk

• Ancaman
a. Persaingan yang cukup kuat dari kios-kios penjual komponen yang telah lama eksis di Bandar Lampung
b. Telah banyak bermunculan beraneka rupa penjualan komponen elektronika, sehingga persaingan yang terlalu ketat dapat menghilangkan pangsa pasar.
c. Kondisi perekonomian negara yang selalu berubah tidak menentu, dapat menjadi boomerang buat usaha-usaha yang sedang berkembang.


7. Faktor-Faktor Kunci Keberhasilan
a. Semangat yang ada dari pelaku bisnis, yakni mahasiswa dan dosen
b. Nama Universitas Lampung sebagai pemenang sekaligus peserta aktif dalam kontes Robot dapat dijual untuk pemasaran produk
c. Pemasaran melalui media Internet dan Media massa dapat menjadi kelebihan tersendiri dalam memasarkan barang
d. Bisnis komponen ini menjual produk-produk yang memang sangat dicari dan dibutuhkan konsumen yang mungkin jarang ditemui di toko-toko elektronik biasa.

8. Analisa Pesaing
a. Pesaing local biasanya jarang menjual komponen-komponen tertentu yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, untuk itulah perlu melihat dan mesarakan barang-barang yang jarang dijual oleh pesaing local tersebut
b. Pesaing Global banyak mengandalkan media internet untuk pemasaran produknya, namun terlalu berbelit dan terlalu lama. Untuk itulah perlu juga dilakukan pemasaran menggunakan media internet, dengan pelayanan yang cepat dan siap antar.
c. Pesaing yang memiliki modal yang cukup besar, lebih lama eksis dan dikenal masyarakat, untuk itulah perlu dilakukan persaingan yang sehat dengan lebih meyakinkan konsumen akan barang yang kita produksi tersebut.

9. Tujuan dan Cita-cita Bisnis
a. Eksisnya bisnis komponen mikrotronika ini di kawasan Lampung, lalu sumatera dan kemudian Nasional.
b. Membangun kawasan bisnis mikrotronika di Lampung khususnya dan Sumatera pada akhirnya.

10. Formulasi Strategi
a. Membangun Basis pasar yang kuat
b. Memberikan Citra yang baik dan positif mengenai bisnis ini kepada masyarakat.

11. Rencana Strategis
a. Membangun basis pasar yang kuat
1. Penjualan yang menyeluruh dan global kepada semua lapisan,
2. Membuka link-link ke bisnis yang lebihmapan
3. Menarik konsumen mancanegara
4. Membuka cabang waralaba di beberapa tempat yang strategis

b. Memberikan Citra yang baik dan positif mengenai bisnis ini kepada masyarakat
1. Menjalin hubungan yang baik dan erat dengan para konsumen
2. Memberikan keyakinan dengan pelayanan yang cepat, sigap dan berkualiatas
3. Selalu aktif dalam event-event yang besar dalam bidang teknologi dan perancangannya
4. Membuat lisensi dan standarisasi yang utuh pada pruduk yang dipasarkan


12. Evaluasi dan Pengendalian
1. Mengedit dan melakukan pembahasan mengenai segmen pasar dan pelaku bisnis yang mungkin saja telah mengalami kejenuhan dalam bergelut denga bisnis ini.
2. Monitoring pasar dan jumlah pesaing yang mulai memasuki rananh bisnis yang kita jalani
3. Meyakinkan pembeli dengan selalu melakukan hubungan kontak yang baik dengan telekomunikasi atau media email dari internet
4. Mengevaluasi dan membuat rencana strategis terhadap kinerja bisnis yang dilakukan minimal 1 bulan sekali terhadap gejolak yang terjadi
5. Memberikan pertanggung jawaban kepada pimpinan Universitas terhadap peranan dan perkembangan Laboratorium dalam mendukung program otonomi kampus

Tidak ada komentar: